Mio soul 2011 boros

Lama tak jumpa, mao sharing aja nih dari pengalaman pribadi saya ketika membeli motor second pada bulan desember 2016 lalu yaitu motor mio soul keluaran tahun 2011

Saat itu saya beli motor dengan harga yang lumayan ya untuk motor second fisik mulus ya walau ada kekurangan nya wajar lah nama nya second, saya beli pada malam hari dan ngetes motor nya pun asal mesin masih nyala dan bisa jalan ya saya bungkus dong minus dikit bukan masalah 

Tetapi keesokan pagi nya saya nekat langsung bawa motor baru (untuk saya walaupun beli bekas:D)  hasil keringat saya itu  untuk bekerja di daerah tangerang selatan, ya dalam hati sih dag dig dug ya soal nya test drive tadi malam jarak pendek saja, sedangkan tempat kerja saya itu jarak nya lumayan jauh sekitar  10 km dari tempat tinggal saya

Nah sepanjang perjalanan saya menuju tempat saya berkerja saya mulai menilai smua nya tentang motor second ini tangan saya merasa pegal karna gas motor ini tinggi jadi mau nya maju terus rumit untuk di control laju nya apalagi saat kondisi macet parah resiko nabrak nya lebih besar 
Ditambah rem belakang nya loss(blong)  dan rem depan nya keras jadi harus jaga jarak jauh dan ngluarin urat tangan untuk menghentikan kuda besi yang saya tumpangi

Sepanjang jalan saya berdoa supaya saya kuat membawa kuda besi saya pulang pegi kerja tanpa ada tragedi yang tidak menyenangkan (abis nya mao dibnerin posisi mao kerja) 

Setelah pulang kerja saya mulai operasi sotoy saya menggunakan pengalaman pribadi saya

Hal yang pertama saya lakukan adalah mengecilkan setelan gas karburator tetapi gas tidak kunjung terus dan tetap saja tinggi, kemudian saya lepas aki motor yang ada dibawah jok dan melepas  bagasi+jok nya tidak lupa mencopot kabel yang ada di sekitar nya

Setelah saya buka saya melihat katup gas nya tidak menempel pada baut setelan gas nya (gantung), hal ini yang menyebab kan gas motor selalu tinggi dan tidak bisa turun seperti motor pada umum nya

Lalu saya mencopot karburator nya sekalian saya bersihkan, dan saya mencopot tali gas nya juga dengan membuka spion dan kepala spedometer nya, saat saya lepas tali gas seperti ada perlawanan (melintir di dalam)  saya kluarkan dr motor dan saya luruskan kembali tidak lupa saya masukan bensin ke dalam slongsong tali gas untuk membersihkan nya supaya kotoran di dalam nya pada rontok

Setelah tali gas saya rapikan dan bersihkan saya pasang lagi dan saya atur supaya tidak terlalu renggang jarak tali gas nya (setelan nya ada dibawah stang pake kunci 8 dan tang)

Setelah tali gas saya bersihkan saya menemukan masalah baru yaitu stelan angin karburator nya gundul sehingga tidak bisa di setel ke kiri ataupun ke kanan jadi saya jadiin PR saja karna hari ini sudah terlalu melelahkan untuk saya

Saya melanjutkan memasang komponen yang saya lepas tadi, kemudian saya setel supaya gas nya tidak terlalu tinggi sperti sebelum nya setelah saya mendapatkan setelan yang pas untuk gas motor saya masalah baru timbul saat di geber dan di lepas motor slalu nembak dari knalpot padahal tadi siang tidak ada tembakan dari knalpot jadi saya jadikan PR saja

Beberapa hari setelah menjalani hari hari yang melelahkan saya libur kerja hari yang tlah lama saya nantikan untuk menyelesaikan PR saya  hehe

Saat hari libur saya langsung lepas karburator yang stelan angin nya gundul itu tak lupa dengan mengecek kondisi filter udara yang ada diblakang karburator karna kemarin tidak sempat mengecek nya karna sibuk ngurusin tali gas yang melilit, setelah saya periksa filter udara nya ternyata sudah pada bolong kertas filter nya ini udah gak layak guna harus beli baru deh

Kemudian saya ke tukang bubut untuk memangkas setelan angin yang gundul itu hehe, dengan biaya 15 rb untuk tenaga bubut dan 25 rb untuk beli repairkit (komponen karburator) saya sudah bisa mengembalikan karburator yang aneh itu menjadi karburator yang wajar untuk digunakan ,niat nya sekalian beli filter udara eh stok di toko nya lagi kosong yaudah lain waktu aja deh

Sesampainya dirumah saya memasang karburator dan mengganti smua komponen karburator nya dengan parkit yang barusan saya beli, setelah smua terpasang saya coba nyalakan motor dan setel karburator nya (untuk setingan karbu nya saya gak paham ya yang jlas tuh motor mati saat gak di gas, dan bila gas nya di gdein tuh motor gak langsam jadi turun ke rpm normal nya sedikit lama)
Nah sempet pusing karna ni motor kok lebih sulit dari yang dibayangkan ya, udah gak enak di pake boros pula

Beberapa hari kemudian dapet info dari sodara yang suka maen motor juga kata nya itu masalah nya dari spuyer (main jet dan pilot jet) kata nya kegedean + tanpa filter udara itu yang menyebabkan boros dan untuk yg gampang mati sodara saya curiga karna busi nya sudah tidak layak guna 

Tidak lama saya mencari filter udara tapi di toko sebelah karna di toko kemarin masih kosong, dan busi nya juga

Saat itu juga saya langsung memasang filter udara dan mengganti busi nya, saya pernah punya motor mio sporty 2011 pernah mengalami rusak karburator nya karna saya penasaran saya buka spuyer nya (berada di bagian bawah diantara pelampung)  saya perhatikan di spuyer ini ada logo keihin dan tulisan 34 pada pilot jet dan hanya logo keihin pada main jet

Saya lepas dari karbu rusak tersebut dan saya pindahkan ke karbu mio soul 2011 saya

Setelah saya nyalakan akhirnya saya mendapatkan mesin motor sesuai apa yang saya inginkan gas tidak gampang mati, langsam, tarikan spontan dan yang terpenting irit

Jadi itulah pengalaman pribadi saya tentang motor second yang saya beli, walaupun nyusahin dan bikin kesel tapi tanpa hadirnya masalah ini wawasan saya gakan terbuka

Terimakasih sudah berkunjung smoga bisa membantu untuk kalian yang kesusahan dalam masalah yang sama seperti apa yang saya alami

Saya ingatkan tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya jika ada sesuatu yang salah atau tidak berkenan di hati anda mohon maaf, saya akan berusaha lebih baik lagi :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas loundry departement

hard reset nokia c3